PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Pertanian

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Pertanian

Hari Air Sedunia 2024




Jika SobaTani masih penasaran wujud asli dari teknologi tersebut, silahkan menghubungi admin lewat media sosial atau bisa datang langsung ke BSIP Lingtan. Beberapa teknologi terkait air yang ada di BSIP Lingtan yaitu à

  1. Embung. Embung yang ada di BSIP Lingtan sebanyak 5 dengan luas total yaitu sekitar 3 hektar. Embung ini dimanfaatkan sebagai sumber air pertanian dan air untuk kebutuhan rumah tangga yang ada di BSIP Lingtan.
  2. FIO (Filter inlet outlet) merupakan teknologi yang dipasang dibagian pintu masuk air menuju embung dan dari embung ke lahan pertanian. FIO ini berfungsi untuk menyaring bahan-bahan pencemar seperti residu pestisida dan logam berat agar tidak masuk ke lahan pertanian.
  3. Biochar atau arang aktif yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti batok kelapa, tongkol jagung, atau kayu mahoni yang fungsinya mengikat bahan pencemar agar tidak masuk ke embung atau ke lahan pertanian. Biochar ini merupakan bagian utama yang ada pada FIO.
  4. Smart irrigation atau alat penyiram otomatis merupakan teknologi efisiensi air sekaligus untuk menjaga kebutuhan air tanaman. Pengairan otomatis ini dipasang dengan sensor lengas tanah dan suhu udara untuk mendeteksi kapan tanaman membutuhkan air.